Cara Optimasi Adsense Untuk Meningkatkan CPC/BPK Pada Blog

Kali ini, Tukangeklik akan membagikan cara kepada para Blogger untuk meningkatkan BPK/CPC Adsense dengan cara optimasi akun Adsense.

meningkatkan cpc adsense

Mendapatkan penghasilan yang besar dari Google Adsense tentu menjadi impian para Blogger dan Youtuber. Besar kecilnya penghasilan para Publisher Adsense tersebut ditentukan oleh nilai klik yang disebut CPC(Cost Per Click)/BPK(Biaya Per Klik). Jika CPC/BPK besar, maka penghasilan yang didapat juga besar. Dan jika CPC/BPK kecil, penghasilan yang didapat juga ikut kecil.

Masalah yang cukup sering dikeluhkan oleh para Publisher adalah BPK/CPC akun Adsense yang kecil. Banyak sekali Blogger yang mengalami masalah ini. Bahkan saya sendiri pernah mengalami CPC Adsense yang anjlok dari tadinya di atas 1000 Rupiah menjadi di bawahnya.

Baca Juga: Cara Optimasi SEO Pada Blog

Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan CPC Adsense menurun. Salah satu penyebabnya pastinya adalah konten yang ada di Blog/Youtube. Konten ini sangatlah berpengaruh terhadap besar kecilnya CPC yang kita peroleh. Penyebab lain adalah kurangnya Optimasi akun Adsense.

Mengoptimasi akun Adsense seringkali kurang diperhatikan oleh para Publisher. Padahal, hal ini sangatlah penting untuk menaikkan nilai CPC pada akun Adsense. Bagaimana cara untuk optimasi Adsense agar mendapatkan CPC/BPK yang besar? Berikut beberapa tipsnya.

Cara Menaikkan Nilai CPC/BPK Adsense


Perhatikan Niche Blog


Pada awal membuat Blog, tentunya kita menentukan Niche apa yang ingin kita bahas pada Blog yang akan kita bangun. Siapa sangka bahwa Niche ini sangatlah berpengaruh terhadap besar kecilnya CPC/BPK yang kita dapat. Ada beberapa Niche dengan CPC/BPK terbesar diantaranya:
  • Keuangan
  • Asuransi
  • Teknologi
  • Kesehatan
  • Pekerjaan
Untuk kalian yang belum mengerti apa itu Niche? Niche adalah sebutan untuk tema yang ada di suatu Blog. Jika Blog Niche Teknologi, maka semua isi kontennya membahas tentang teknologi.

Buat Konten Dengan Keyword Tertentu


Konten merupakan hal yang sangat penting dan menentukan rangking sebuah Blog. Jika kontennya bagus dan berbobot, otomatis Blog tersebut akan mendapatkan rangking yang baik di mesin pencari. Selain berpengaruh terhadap rangking, konten juga ternyata berpengaruh terhadap CPC/BPK di Blog kita.

Semakin baik konten yang kita buat, maka akan semakin besar CPC/BPK yang kita dapat. Namun tidak sembarang konten yang dapat meningkatkan CPC/BPK Adsense. Ada beberapa Keyword/kata kunci tertentu yang ternyata memiliki nilai tinggi di mata Google. Berikut daftarnya:
  • Kredit
  • Akuntansi
  • Asuransi
  • Bank
  • Uang
  • Internet Marketing
  • Hosting Web
  • Domain 
  • Sewa Mobil
  • dll
Daftar keyword diatas adalah daftar bebererapa keyword dengan CPC terbesar yang ada di Indonesia. Buatlah konten dengan memasukkan salah satu dari daftar keyword diatas untuk menaikkan CPC/BPK akun Adsense kalian.

Atur AD Balance Adsense


Tips yang ketiga ialah mengatur Ad Balance akun Adsense. Ad Balance atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan saldo iklan adalah sebuah fitur yang ada di Google Adsense untuk menaikkan serta menurunkan banyaknya tampilan iklan pada suatu halaman.

Semakin kecil Ad Balance, maka tayangan iklannya akan semakin sedikit. Begitu pula sebaliknya jika Ad Balance besar, maka tayangan iklannya akan semakin sering.

Disini saya menyarankan untuk menyetel Ad Balance di angka 70% karena di angka tersebut iklan yang muncul adalah iklan dengan CPC/BPK yang lumayan besar. Bagaimana cara settingnya? Caranya sangat mudah, kalian tinggal Log in ke Akun Adsense>Iklan>Saldo Iklan>Geser ke Angka 70%.


Tentukan Kategori Iklan


Tips selanjutnya adalah memblokir beberapa kategori iklan tertentu. Memblokir iklan dan memilih iklan apa saja yang tayang di Blog menjadi suatu keharusan untuk meningkatkan CPC/BPK akun Adsense.


Caranya dengan Log in ke akun Adsense>izin iklan>semua situs saya. Disini, blokir beberapa kategori yang tidak sesuai dengan Niche Blog kalian. Jika Blog kalian memiliki Niche teknologi, Blokir iklan dengan kategori selain teknologi seperti kecantikan dan kesehatan.

Blokir Iklan CPC/BPK Rendah


Tips yang terakhir yaitu memblokir iklan dengan CPC/BPK rendah. Tips terakhir ini sangatlah wajib dilakukan demi untuk meningkatkan CPC/BPK akun Adsense kalian. Tahukah kalian jika tidak semua iklan di Google Adsense memiliki biaya klik yang sama? Hal ini karena harga tidap pengiklan yang ada di Google berbeda beda. Ada yang mengiklan dengan biaya tinggi dan ada juga yang mengiklan dengan biaya yang sedikit.


Hal inilah yang membuat CPC/BPK tiap iklan berbeda beda. Memblokir iklan dengan CPC yang kecil dapat dilakukan dengan sangat mudah. Caranya, Log in ke akun Adsense kalian lalu pilih izin iklan dan klik pusat peninjauan iklan. Cari iklan di pencarian dengan keyword dibawah ini:
  • Tokopedia
  • Bukalapak
  • Shopee
  • BliBli
  • Pesugihan
Setelah menemukan iklan dengan keyword diatas, selanjutnya klik pada tombol blokir iklan. Cari semua iklan dengan keyword diatas untuk meningkatkan CPC/BPK akun Adsense kalian.

Cara Optimasi Akun Adsense Supaya CPC/BPK Besar


Itu dia beberapa tips yang dilakukan untuk meningkatkan CPC/BPK pada akun Adsense diantaranya dengan menentukan Niche Blog, menggunakan Keyword dengan CPC yang tinggi, setting saldo iklan, mengatur kategori iklan, dan memblokir iklan dengan CPC yang kecil. Demikian artikel cara untuk meningkatkan CPC/BPK akun Adsense. Semoga bermanfaat.

2 Komentar untuk "Cara Optimasi Adsense Untuk Meningkatkan CPC/BPK Pada Blog"

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / Whatshapp : +85587781422
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus
  2. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel