Belajar Menguasai dan Optimasi Teknik SEO 2018

Kali ini, Tukangeklik akan membagikan sedikit tentang apa itu SEO dan penerapannya pada Blog atau Website.

SEO

Memperlajari SEO saat ini memang sangat penting untuk para pemilik Blog/Website. Apalagi jika Blog/Website kalian digunakan untuk bisnis seperti Online Shop dan lain sebagainya.

Seorang Blogger sangat wajib untuk menerapkan SEO pada Blog mereka. Hal ini sangat penting karena dengan SEO, sebuah Blog bisa mendapatkan rank terbaik dan masuk ke page one Google.

Sebelum melanjutkan artikel ini, simak dulu penjelasan tentang SEO dibawah ini.

Apa Itu SEO?

SEO merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization atau dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan Mengoptimalkan Mesin Pencari. Secara garis besar, SEO ini membuat suatu Blog/Website mendapatkan ranking yang baik di mesin pencari seperti Google, Yandex, Yahoo, Bing, dan lain sebagainya.

Dengan SEO, suatu Blog bisa menempati urutan atas di mesin pencarian. Hal ini tentu akan membuat Blog tersebut mendapatkan trafik yang lebih banyak ketimbang para pesaing dengan kata kunci yang sama.

Baca Juga: Cara Optimasi Adsense Untuk Meningkatkan CPC/BPK

Para pengunjung atau orang awam biasanya akan lebih senang mengklik Blog yang ada di halaman atas. Terbukti lebih dari 80% orang didunia lebih memilih Blog yang ada di halaman urutan atas ketimbang membuka Blog yang ada di bagian bawah.

Mempelajari SEO bukanlah hal yang mudah, perlu waktu berbulan bulan bahkan hingga tahunan untuk menjadi seorang yang ahli dalam bidang SEO ini.

Penerapan SEO di Blog


Membangun Blog


Hal yang pertama dilakukan untuk mempelajari SEO adalah dengan membangun Blog. Tersedia beberapa platform untuk membangun Blog secara gratis. Disini saya lebih menyarankan untuk membuat Blog dengan platform Blogger karena Blogger adalah platform milik Google.

Membangun Blog bukanlah hanya sekedar membangun tetapi juga harus memperhatikan tema dan konten yang akan dibuat. Kalian bisa memilih Blog dengan satu niche saja ataupun bisa membuat Blog dalam berbagai Niche.

Ada kelebihan dan kekurangan saat membangun Blog satu niche, begitu pula ada pula kelebihan dan kekurangan saat membangun Blog dengan banyak niche.

Berikut kelebihan membangun Blog dengan satu niche:
  1. Terlihat lebih rapih
  2. Lebih proffesional

Kekurangan Blog satu niche adalah sulitnya menentukan konten apa yang akan dibuat karena jangkauan kontennya hanya terfokus pada satu tema saja.

Berikut kelebihan membangun Blog dengan banyak niche:
  1. Mudah menentukan konten yang dibuat
  2. Pengunjung relatif lebih ramai

Kekurangan Blog dengan banyak niche adalah Blog terlihat kurang rapih karena terdiri dari banyak tema dan dan kontennya tidak terfokus pada satu bidang.

Keyword/Kata Kunci


Yang kedua adalah riset keyword atau kata kunci. Keyword pada sebuah Blog sangatlah penting. Kalian harus mencari keyword dengan pesaing yang sedikit untuk dapat meraih rank yang baik di mesin pencari.

Ada beberapa situs untuk mencari keyword secara gratis. Disini saya menggunakan salah satu situs gratisan yang bernama Ubersuggest. Berikut caranya.

Cara Riset Keyword


Pertama, kunjungi situs Ubersuggest, lalu masukkan kata kunci yang kalian ingin bidik. Pilih negara Indonesia lalu klik cari


Setelah menekan tombol cari, maka hasil keyword akan muncul seperti dibawah ini.


Pilih kata kunci dengan SEO DIFFICULTY kurang dari 20. Karena akan keyword tersebut akan lebih mudah untuk disaingi. Selain itu, perhatikan juga volume pencarian. Karena walaupun tingkat kesulitannya rendah tapi volumenya juga rendah, maka hal itu percuma karena sedikit sekali atau bahkan tidak ada yang ingin mencari kata kunci tersebut.

Penggunaan Kata Kunci


Penggunaan kata kunci dalam sebuah artikel biasanya kurang diperharikan oleh para Blogger pemula. Para Blogger pemula lebih memilih untuk membuat artikel dengan banyak gambar ketimbang menyebar kata kunci.

Ada beberapa penggunaan kata kunci dalam sebuah Blog yang terdiri dari Short Tail Keyword, Long Tail Keyword, Keyword Abadi, dan Keyword Musiman. Akan saya jelaskan satu per satu.

1. Short Tail Keyword

Sesuai dengan namanya, keyword ini mempunyai kalimat yang pendek dan hanya terdiri dari 1-3 kata saja. Berikut adalah contoh penggunaan Short Tail Keyword:
  • Laptop Gaming
  • Handphone Murah
  • Jam Mewah

Keyword jenis ini biasanya digunakan oleh para Blog/Website besar.

2. Long Tail Keyword

Long Tail Keyword merupakan kebalikan dari Short Tail Keyword dan digunakan oleh hampir semua Blog/Website. Berikut contoh dari Long Tail Keyword:
  • Laptop Gaming Paling Murah 2018
  • Hanphone Paling Murah Dengan Spesifikasi Tinggi
  • Jam Paling Mewah Termahal di Dunia

3. Keyword Abadi

Keyword Abadi adalah kata kunci yang tidak dipengaruhi oleh waktu. Keyword jenis ini banyak digunakan karena sifatnya tidak mengenal zaman dan akan terus dicari oleh semua orang. Contohnya:
  • Apa Itu Roaming?
  • Pengertian Roaming Data Pada Smartphone

4. Keyword Musiman

Keyword Musiman merupakan kebalikan dari Keyword Abadi. Keyword jenis ini tergantung pada waktu tertentu. Contohnya:
  • Baju Untuk Lebaran 2018
  • Lomba Yang Cocok Untuk 17 Agustus

Backlink


Hal terakhir untuk menerapkan SEO di Blog/Website kalian adalah menggunakan Backlink. Apa itu Backlink?

Backlink adalah link atau tautan di website lain dan jika tautan tersebut di klik maka akan membuka Blog/Website kalian. Semakin banyak tautan yang tersebar di Blog lain, maka rank dari Blog/Website kalian juga akan naik.

Ada 2 jenis Backlink yang ada di Blog/Website yaitu Backlink Nofollow dan Backlink Dofollow. Berikut penjelasannya.

1. Backlink Nofollow

Backlink Nofollow ialah Backlink yang tidak berarti apa-apa di mesin pencari. Karena Backlink Nofollow dianggap sebagai Backlink mati dan tidak ada nilainya. Tetapi Backlink Nofollow ini masih bisa untuk meningkatkan rank kata kunci di Blog kita.

Kita bisa mendapatkan Backlink Nofollow dengan sangat mudah. Mendapatkan sebuah Backlink Nofollow bisa kalian lakukan dengan cara berkomentar di Blog/Website orang lain dengan memasukkan link Blog/Website sobat di komentar tersebut. Perlu diperharikan, berkomentarlah yang relavan karena komentar kalian dilihat oleh banyak orang diluar sana.

2. Backlink Dofollow

Berbeda dengan Backlink Nofollow, Backlink Dofollow dianggap sebagai link hidup dan sangat berarti di mata mesin pencari. Sebuah Blog/Website yang mempunyai banyak Backlink Dofollow nilainya akan tinggi di mesin pencarian.

Mendapatkan Backlink Dofollow bukanlah hal yang mudah. Hal yang harus dilakukan adalah membuat Blog/Website kita populer dan terlihat menarik agar para pemilik Blog/Website lainnya dengan senang hati untuk memasukkan link  Blog/Website kita di Blog miliknya.

Cara yang kedua dan lumayan beresiko adalah membeli Backlink. Membeli dan memilih Backlink yang baik bukanlah perkara mudah. Carilah tempat penjual Backlink yang sudah terpercaya dan bukan penjual abal-abal karena banyak sekali kasus para penjual Backlink dengan cara spam.

Optimasi Teknik SEO di Blog


Demikian beberapa tips dan cara untuk mengoptimalkan SEO di Blog/Website kalian. Sebenarnya masih ada beberapa point penting untuk menerapkan SEO namun tiga point diatas sudah mewakili untuk optimasi SEO di Blog/Website. Sekian artikel cara menguasai teknik SEO. Semoga bermanfaat.

1 Komentar untuk "Belajar Menguasai dan Optimasi Teknik SEO 2018"

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / Whatshapp : +85587781422
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel